Kamis, 05 Mei 2016

Media Pembelajaran Matematika


Assalamualaikum wr. wb 

Hai, teman-teman di blog ini saya akan memposting mengenai media pembelajaran, khususnya mata pelajaran matematika. Sebelumnya, blog ini saya buat untuk memenuhi tugas mata kuliah media pembelajaran dan ICT, sekaligus untuk berbagi pengetahuan kepada pembaca, khususnya yang akan menjadi calon guru, nih !!! 
Oke, langsung saja ya !

Apa itu media pembelajaran ??? dan apa fungsi media pembelajaran ???

Media pembelajaran menurut Miarso (2004) adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan  pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Adapun menurut Oemar Hamalik (1980) media pembelajaran adalah alat, metode dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. 

Dari pengertian yang telah dikemukakan oleh para ahli diatas jadi, dapat kita simpulkan bahwa media pembelajaran adalah alat, metode dan teknik yang dapat digunakan oleh seorang guru dalam menyampaikan sebuah materi serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga terjadinya proses interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran. 

FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN                                                                                                    
Sudjana dan Rivai (1992) mengemukakan beberapa fungsi media pembelajaran yaitu :
a. Dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa karena pengajaran akan lebih menarik perhatian mereka
b. Materi yang diajarkan akan menjadi jelas sehingga dapat dipahami siswa dan memungkinkan terjadinya penguasaan serta pencapaian tujuan pengajaran
c. Metode mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata didasarkan atas komunikasi verbal melalui kata-kata 
d. Siswa lebih banyak melakukan aktivitas selam kegiatan belajar, tidak hanya mendengarkan tetapi juga mengamati, mendemonstrasikan, melakukan langsung dan memerankan.

Sadiman, dkk (1990) juga mengemukakan beberapa fungsi media pembelajaran, antara lain :
a. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat visual
b. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera. Misal objek yang terlalu besar untuk dibawa ke kelas dapat diganti dengan gambar, slide dll
c. Meningkatkan kegairahan belajar, memungkinkan siswa belajar sendiri berdasarkan minat dan kemampuannya dan mengatasi sikap pasif siswa
d. Memberikan rangsangan yang sama dapat menyamakan pengalaman dan persepsi siswa terhadap isi pelajaran.
                                                                                                                                                               
selain itu juga, media pembelajaran menentukan keberhasilan dan meningkatkan kualitas pembelajaran dan memiliki kekuatan positif yang mampu membuat proses pembelajaran lebih kreatif dan dinamis.

Jadi, peran media sangat penting dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran matematika. Karena sampai saat ini, matematika masih merupakan mata pelajaran yang menakutkan bagi kebanyakan siswa. Coba kita bertanya pendapat seorang siswa tentang matematika, maka akan banyak terdengar keluhan dari mereka bahwa matematika itu sulit, susah dipahami, tidak menarik, membosankan, membuat kepala pusing, menakutkan dan masih banyak lagi. 

Maka dari itu, dalam mengajar seorang guru harus mengembangkan kreativitasnya, sehingga materi yang diajarkan menarik minat dan semangat siswa khususnya mata pelajaran matematika. Salah satunya dengan menggunakan peran media dalam proses pembelajaran. 

Lalu, apa saja yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran matematika ???

Nah, mengenai media apa saja yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Saya akan membahasnya di postingan selanjutnya dan juga akan mengupload tugas yang sudah saya dan kelompok saya buat. 
Terima kasih bagi yang sudah berkunjung di bog ini, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr. wb 
  


           
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar